Jalur Paltugu, Rute Gowes Baru Di Jogja Dengan Pemandangan Indah di Pagi Hari

wikijogja.ID
Berwisata ke Jogja tidak hanya bisa diisi dengan berkunjung ke tempat-tempat indah dan berbelanja ke Malioboro saja. 


Di Kota Sejuta Kenangan ini, kita bisa menghabiskan waktu dengan bergowes ria alias bersepa mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah. Banyak pilihan rute menarik yang bisa dijadikan alternatif untuk bersepeda di Jogja.


Mulai dari bersepeda lipat, sepeda santai, sepeda onthel, roadbike, XC (Cross Country), Trail, Enduro, sampai Downhill. Namun tahukah kamu, kalau di Jogja sudah muncul rute baru dengan trek dan pemandangan yang indah dan patut untuk dicoba.


Jalur Paltugu merupakan salah satu rute gowes baru di Jogja yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat Jogja. Jalur Palihan Tunjungan Gumulan ini merupakan rute bersepeda santai dengan pemandangan indah di pagi hari. Selain dapat menikmati indahnya runrise, pecinta gowes akan dapat menikmati sensasi bersepeda di lorong pepohonan yang menyerupai goa. Bukan cuma itu saja, hamparan sawah dan udara yang sejuk, merupakan hidangan yang tak dapat terpisahkan dari rute Paltugu ini.


Kamu tertarik untuk menjajal rute ini ?
Seperti yang sudah disampaikan oleh Carik Desa Caturharjo, bahwa setiap Sabtu Pagi Pamong Desa Caturharjo melaksanakan gowes bareng melewati rute ini. 


wikijogja.ID
Rute Paltugu 
Dari Kota Jogja meluncur ke selatan melewati jalan Bantul, Perempatan Palbapang Ke Barat sampai dengan Pertigaan Sapuangin, Ambil arah ke selatan masuk Gapura Kampung KB Gumulan dan bisa mampir dulu di Rumah Data Kependudukan Kampung KB Gumulan. 

Dari Rumah Data ini barulah nanti akan bersama-sama meluncur ke jalur Paltugu dan akan sampai di Puncak Gadung Mlathi, yang menjadi primadona pariwisata di Desa Caturharjo.


Hal yang paling mendasar dari kegiatan gowes ini adalah, utamakan keselamatan. Persiapkan kondisi fisik yang baik sangat perlu dilakukan.


Mari kita dukung pariwisata di Yogyakarta ini, kita lestarikan budaya Gowes agar tubuh tetap sehat dan bugar. (Mas Eko)