Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo

Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo
Sejuknya Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo
Air Terjun Kembang Soka di Kulonprogo - Satu lagi wisata alam di wilayah DIY yang patut dikunjungi, yakni air terjun Kembang Soka di Dusun Gunungkelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Kembang Soka adalah air terjun yang berada di sebuah lembah yang diapit dua bukit.

Lokasi air terjun ini berada di kawasan perbukitan Menoreh, sekitar 35 kilometer arah barat dari pusat kota Yogyakarta. Berada di perbukitan yang masih sangat asri dan berada jauh dari perkotaan menjadikan suasana air terjun sangat sejuk dan segar.
Keistimewaan dari air terjun ini adalah memiliki air yang jernih dan ketersediaan air sepanjang tahun.

Dijelaskan Pak Ngatiman (45) selaku pengelola air terjun Kembang Soka mengatakan, air yang berada di air terjun tersebut tidak kering meski ditengah musim kemarau.
"Air yang ada di Kembang Soka ini berasal dari tiga mata air, yakni mata air Tukjaran, Kembang Soka, dan Kali Miri. Sehingga air nya terus ada," ujar Pak Ngatiman

Selain airnya yang jernih dan selalu ada sepanjang tahun, hal lain yang membuat air terjun Kembang Soka menarik adalah keberadaan beberapa kolam alami.
Kolam tersebut bisa digunakan para pengunjung untuk berenang menikmati segarnya air di pegunungan Menoreh tersebut
Di air terjun tersebut terdapat sekitar dua kolam (kedung) yang mempunyai kedalaman sekitar satu setengah meter.
Untuk mencapai lokasi air terjun Kembang Soka, pengunjung harus berjalan sejauh 300 meter dengan medan yang cukup terjal.
Tapi para pengunjung tidak usah khawatir, di sepanjang jalur yang menurun tersebut, pengelola telah menyiapkan beberapa gazebo dan bangku untuk beristirahat, jika pengunjung merasa kelelahan


Selain itu pihak pengelola juga menyiapkan sebuah bagunan gardu pandang untuk mnyaksikan keindahan Kembang Soka dari atas bukit.
Harap hati-hati saat menuruni lembah apalagi setelah hujan, kondisi jalan agak licin. Sepanjang jalur menuju air terjun tidak usah khawatir kehausan, ada beberapa shelter untuk istirahat dan penjual makanan-minuman didekatnya.

Pak Ngatiman menjelaskan, air terjun Kembang Soka pertama kali dibuka akhir Januari 2015.
Meskipun baru di buka untuk umum, jika hari libur air terjun tersebut cukup ramai dikunjungi.
Hal tersebut tak lepas dari keberadaan media sosial yang dengan cepat membuat tempat ini menjadi terkenal.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena hanya dengan membayar uang parkir dan tiket masuk sebesar Rp. 3 rb anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun Kembang Soka.
Di area air terjun masyarakat setempat juga menyediakan ruang ganti dan toilet.
Anda juga tidak usah khawatir lapar dan kehausan, karena di lokasi tersebut terdapat beberapa warung yang menyediakan bergam jenis makanan dan minuman.


Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta dan ingin mengunjungi obyek wisata ini anda bisa menempuh rute sebagai berikut .

Dari Tugu Jogja ambil arah ke Barat – Perempatan Bangjo (Lampu Lalu Lintas) Ringroad Barat Demak Ijo – Jalan Godean – Pasar Godean – Jembatan Sungai Progo – Perempatan Bangjo Nanggulan – Pasar Kenteng – Tanjakan pegunungan menoreh – mentok pertigaan ambil kanan arah Goa Kiskendo – Pasar Jonggrangan – Goa Kiskendo – Pertigaan setekah Goa Kiskendo ambil kiri – Pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri, dan anda akan menemukan pintu masuk area air terjun Kembang Soka (*)