Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Tlogo Putri Kaliurang, Kawasan puncak yang merupakan daerah berhawa sejuk dan dingin di Yogyakarta tak lain adalah Kaliurang. Kawasan ini terkenal dengan tempat peristirahatan yang menyediakan banyak tempat penginapan dan hotel yang siap menampung tamu wisatawan lokal mauipun luar negeri. Beragam kegiatan wisata yang terdapat di kawasan ini menawarkan keindahan yang bervariasi seperti gardu pandang dan pos pengamatan Merapi, Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Wisma Kaliurang, Taman bermain anak, Gua Jepang dan Tlogo Putri. Dari sekian banyak tempat wisata yang merupakan bagian dari kawasan wisata Kaliurang adalah Tlogo Putri yankg terletak di bukit Plawangan.

Tlogo Putri Kaliurang sebagai tempat wisata yang menarik merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman. Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat juga beberapa wahana permainan disekitar embung seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat jungkit dan beberapa permainan lainnya.

Terdapat banyak pilihan aktivitas wisata yang ditawarkan di Tlogo Putri. Mulai dengan jalan-jalan untuk mencari tempat duduk yang enak untuk melepas kepenatan, naik kano, becak air, bermain jungkat-jungkit dan ayunan, bermain fliying fox, naik bianglala atau hanya sekedar foto-foto saja untuk mencari obyek yang menarik. Ditempat ini juga terdapat segerombolan monyet yang sering menampakkan diri dan tidak terganggu dengan kedatagan para wisatawan. Monyet tersebut tidak akan mengganggu kecuali diganggu lebih dahulu.

Tlogo Putri terletak di kawasan lereng Selatan Merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan Turgo dan hutan yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat juga jalur tracking dengan berjalan kaki memasuki hutan dengan menyusuri jalan setapak sampai akhirnya sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso atau di Air terjun Tlogo Muncar.

Pertunjukan seni juga sering diadakan di tempat ini. Seni yang digelar secara bergantian yang menampilkan grup-grup kesenian seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswo, orkes melayu, dangdutan, pentas di sebiah panggung yang berada di Tlogo Putri. Bagi yang akan menyaksikan pertunjukan ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Lokasi Obyek Wisata Tlogo Putri
Obyek Wisata Tlogo Putri Kaliurangterletak di Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses Obyek Wisata Tlogo Putri

Akses untuk menuju tempat ini sangat mudah dimulai dengan menyusuri jalan Kaliurang selanjutnya anda akan tiba di Tlogo Putri sekitar 1 jam perjalanan. Sedangkan bila menggunakan angkutan umum menggunakan trayek Jogja-Kaliurang. Selanjutnya tak berapa lama kemudian sampai di Tlogo Putri Kaliurang yang juga merupakan terminal Kaliurang.