Pantai Nglambor Gunungkidul

Pantai Nglambor GunungkidulPantai Nglambor Gunungkidul ini memang masih baru di temukan dan masih belum banyak pengunjungnya. Tapi jangan salah, keindahaan pantai ini nggak kalah sama pantai-pantai lainnya di Kabupaten Gunungkidul. Lalu apa yang membuat pantai ini istimewa ? dan dimana lokasinya?

Pantai Nglambor Gunungkidul Berada di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul ini tepatnya berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan. Jika para penelusur datang dari pusat kota Jogja, maka rutenya nanti mengambil arah ke Pantai Siung. Setelah melewati Retribusi di Pantai Siung lurus saja sampai menemukan tikungan yang ada jalan tanah berkapur yang belum di haluskan, nhah jalan itu yang harus para penelusur ambil untuk mencapai pantai nglambor. Walaupun tujuan kita sudah dekat, di harapkan para penelusur tetap berhati-hati mengendari motornya, di karenakan jalanan yang masih tanah berkapur dan juga kadang ada yang licin.

Pantai Nglambor Gunungkidul ini adalah pantai yang di kelilingi oleh dua bukit kapur yang mempesona. Dan di depan pantai ini sendiri dihiasi juga dengan 2 bukit karang yang juga tak kalah indah dengan bukit kapur yang mengapit Pantai Gesing. Dua bukit karang di depan panti ini juga berfungsi sebagai pemecah ombak dari samudra hindia yang terkenal akan keganasan ombaknya. berkat kedua bukit karang ini, membuat kita bisa menjadi lebih aman jika ingin berenang di pantai ini. Keindahan pantai nglambor ini di tambah dengan indahnya hamparan pasir putih yang mempesona, membuat kita betah untuk disini.


Keindahan bawah air Pantai Nglambor Gunungkidul ini juga nggak kalah dengan keindahan pantainya sendiri. Karena selain di tumbuhi karang-karang seperti pantai-pantai lainnya di gunung kidul, di pantia ini juga terdapat banyak coral-coral, ikan, dan macam, macam tumbuhan laut yang memungkinkan para penelusur untuk bersnorkling ria melihat keindahan bawah laut pantai nglambor.

Pantai Dengan Dua Kura-Kura Raksasa
Pantai Nglambor GunungkidulTepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata juga berfungsi sebagai penahan ombak. Hal tersebut menjadikan perairan di tepi pantai dangkal. Terumbu karang pun tumbuh dengan indah akibat terbebas dari terjangan ombak besar.

Air laut yang cukup jernih menjadikan wisatawan bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan. Wisatawan pun bisa snorkeling atau berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar.

Pantai Nglambor Gunungkidul
Lokasi dan Akses ke Pantai Nglambor
Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dan berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Pantai ini diapit oleh Pantai Siung dan Pantai Jogan. Untuk mencapai Pantai Nglambor wisatawan bisa mengikuti jalur menuju Pantai Siung. Setelah pos retribusi Siung, wisatawan akan bertemu dengan pertigaan. Silahkan belok kanan mengikuti pertigaan dengan jalur makadam, Pantai Nglambor ada di ujung jalan tersebut.