Pantai Seruni Gunungkidul

Pantai Seruni Gunungkidul
Pantai Seruni Gunungkidul - Kawasan Gunungkidul merupakan kawasan perbukitan yang sangat indah. Tidak hanya gua dan karstnya saja, tapi keindahannya juga bisa disaksikan dari sisi pantai selatan.

Pantai pantai yang berada Gunungkidul kini sudah menjadi tempat wisata andalan Yogyakarta, salah satunya adalah Pantai Seruni. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berdekatan dengan tempat wisata populer lainnya di Yogyakarta, Goa Pindul dan Pantai Indrayanti.


Seruni sendiri dalam bahasa Yunani berarti emas. Nama itu tampaknya sangat tepat karena pantai ini bagaikan tambang emas. Keberadaan pantai seruni sendiri memang masih belum dimanfaatkan oleh pemerintah setempat sebagai tempat wisata andalan.

Salah satu buktinya adalah infrastuktur menuju pantai ini yang masih belum tergarap secara optimal. Untuk menuju pantai Seruni, Anda harus melewati ladang dan tebing yang cukup menyulitkan.

Tapi tenang saja, ada banyak sekali jalan alternative yang bisa Anda tempuh. Diantaranya adalah dengan cara menyusuri bibir pantai mulai dari Pantai Pok Tunggal.

Penduduk setempat pun masih jarang ditemui. Namun penduduk disekitar pantai Seruni sangat ramah sehingga membuat siapapun yang melintas merasa betah untuk berlama lama tinggal di pantai seruni.

Pantai Seruni Gunungkidul
Jejak Kaki Pengungjung Pantai Seruni
Pantai Seruni Gunungkidul
Indahnya Pasir Pantai Seruni

Karena jarang dikunjungi, Pantai Seruni sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat berkemah dan menikmati keheningan malam di tepian pantai. Pantai Seruni sendiri merupakan salah satu pantai yang bersih dan bebas dari sampah plastic. Namun jika sedang banyak dikunjungi, sampah plastic tetap saja ada.

Jika pemerintah setempat bisa memaksimalkan lokasi ini dengan sangat baik, bukannya tidak mungkin jika Pantai Seruni bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik.

Pantai Seruni Gunungkidul
Untuk menuju Pantai Seruni, Anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju Yogyakarta dan berlanjut ke Pantai Wonosari. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke daerah Tepus atau Pantai Pok Tunggal untuk selanjutnya ke Pantai Seruni.


Jika Anda malas untuk bermalam di Pantai, Anda bisa mencari beberapa tempat penginapan murah disekitar Pantai Seruni.